Posted on Leave a comment

[ DIY ] Tips Memajang Karya Seni Di Rumah

Bagikan yuk

Desain dinding yang tampil polos tanpa dekorasi dapat membuat ruangan terasa monoton dan kaku. Sebagai salah satu elemen dekorasi yang cukup personal bagi pemilik rumah—karena dipilih berdasarkan selera pribadi, karya seni sering digunakan untuk mengisi kekosongan tersebut.

Karya seni itu sendiri tidak harus berupa mahakarya dari pelukis atau seniman ternama. Lukisan, wall art sederhana atau karya dua dimensi buatan sendiri juga bisa dimanfaatkan sebagai elemen dekorasi di rumah. Dengan teknik peletakan yang tepat, karya yang sederhana dapat memberikan efek yang sama kuatnya dengan karya bernilai tinggi bahkan lebih menarik dan memeperindah ruangan

selain gambar dan warna yang ada dalam karya seni tersebut, hendaknya kamu juga mempertimbangkan akan bentuk,panjang, lebar, agar nanti akan mendapatrkan bentuk simetri yang enak untuk di pandang dan di lihat. yuk ikuti tips dari dekorlate agar kamu dapat memajang karya seni dengan apik nan cantik

1. Menyusun karya seni secara linear

Untuk mengikuti susunan ini, paling tidak kamu harus memiliki tiga jenis karya seni yang berbeda. Beberapa karya tersebut kemudian diletakkan dalam satu garis lurus, susunannya bisa dilakukan baik secara vertikal maupun horizontal, hal ini bergantung dengan perspektif yang ingin diciptakan.

Jika ingin dinding terlihat lebih lebar, terapkan susunan horizontal, sebaliknya untuk karya seni yang disusun secara vertikal membuat plafon rumah terlihat lebih tinggi. Penyusunan karya ini tidak sebatas untuk bingkai yang berukuran sama, susunan overlapping dari bingkai-bingkai karya yang berbeda ukuran ini juga membuatnya tampil lebih dinamis.

2. Rangkaian karya seni membentuk grid

Setiap karya seni diletakkan secara simetri membentuk susunan baris dan kolom, dengan tiap-tiap bingkainya diberikan jarak yang sama. Sesuaikan jumlah karya dengan baris dan kolom yang akan diisi. Untuk kamu yang memiliki koleksi karya seni dan berencana menjadikannya sebagai focal point di ruangan, cara ini dapat kamu terapkan.

3. Komposisi Acak Yang Dinamis

Jika kamu memiliki koleksi karya seni dengan ukuran yang yang beragam, coba letakkan secara acak hingga membentuk cluster atau kelompok-kelompok. Meskipun disusun dengan bebas dan tanpa mengikuti aturan tertentu, namun sebisa mungkin susunannya tetap memperlihatkan komposisi yang berimbang. Susunan karya seni yang acak akan membuatnya terlihat lebih artistik.

Untuk lebih mudah menentukan komposisi rangkaiannya, buatlah skema atau templatesusunan bingkai karya seni terlebih dahulu, sehingga kamu tidak perlu repot-repot melepas dan memasang kembali karya dari dinding rumah.

Gimana udah dapet inspirasi dari dekorlatte? atau masih bingung? pingin hias dengan karya seni pigura dan poster kayu tapi bingung beli dimana?

cc: dekoruma

bisa silakan tanya tanya ke :

WA: 082322142880

LINE: @jap5815j

INSTAGRAM: dekorlatte

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *